Pages

Friday, January 29, 2016

5 Tips Belanja Bulanan di Giant dan Supermarket Lainnya

Hai hai semua. Selamat tanggal tua :)
Sebagai calon sarjana teknologi pangan, selain mengamati kandungan bahan di komposisi produk, saya juga suka ngamatin harganya. Nah, Giant adalah salah satu supermarket yang doyan banget saya kunjungi buat belanja bulanan atau sekedar lihat - lihat. Masih dalam suasana liburan menuju semester 4 yang lebih baik *asik* , kali ini jadi terinpirasi buat berbagi tentang tips - tips belanja di Giant agar perputaran uang di dompet tetep lancar.

Sebenernya juga tips ini juga aplikatif buat belanja di super market lainnya, sih, misal Carefour, Hypermart, Superindo... bahkan hingga Indomaret dan Alfamart. Haha kenapa jadi semua nama supermarket ada di sini wkwkwwk. 

Okaay, check this out!

1. Jadilah Pembeli yang Jeli (terhadap promo2 atau diskon yang menyesatkan)
Ini adalah peringatan paling dasar ketika akan memasuki Giant setelah mengambil keranjang belanja atau troli. Akan ada banyak produk dengan tulisan besar DISKON atau HEMAT atau MURAH atau Beli 1 GRATIS 1 atau segala macam kata - kata penggoda iman di sana. Maka, segera teguhkan imanmu saat ini juga.

Selain memiliki iman, jadilah pembeli yang jeli. Jangan sampai kita tergiur dengan produk chicken nugget yang tulisannya PROMO! HEMAT 10000, yang sebenarnya udah dinaikkan harganya jadi 15000. Kan bego. Emang, sih, rasanya lega gitu barusan membeli barang promo yang katanya lebih murah, tapi kalau diitung - itung kan aslinya rugi. Maka, kita harus jeli terhadap harga pasar barang - barang belanja bulanan kita umumnya.

Oke, jadi harus jeli ya, kawan. Harus.

2. Prioritaskan Belanja di Akhir Pekan / Akhir Bulan / Akhir Tahun
Yeapp, biasanya, di Giant atau supermarket lainnya selalu memberikan promo di akhir pekan. Ya, semacam nurunin harga gitu karena dari Senin sampe Kamis harganya lebih mahal. Nah, dalam tempo yang sesingkat - singkatnya, inilah kesempatan emas yang harus kita manfaatkan. Kita akan bersaing dengan para konsumen lain yang juga haus akan potongan harga. 

Saran aja, sih, promo akhir pekan ini kan cuma dari Jumat sampe Minggu. Kalian harus gercep. Cek web promo supermarket tersebut setiap Jumat pagi, ya. Inget. Jumat pagi. Ibaratnya kalian curi start duluan biar lebih tahu produk apa aja yang dapet potongan harga. Nah, belanjanya juga jangan mepet - mepet hari Minggu ya, rawan banget kehabisan. Belanja yang paling afdol adalah tepat setelah kamu mengecek katalog produk promo yang selalu direlease Jumat pagi :)
 

3. SABI (Sabar, Amati, Beli, Irit kan?)
Singkatan ini sebenernya maksa, sih. Haha. Tapi maksudnya begini, hal penting yang harus diingat ketika berada di Giant atau supermarket lainnya adalah Sabar, jangan kalap. Jadilah konsumen yang bijak dalam mengeluarkan setiap rupiah dalam dompet kita. Kedua, senantiasa Amati gejolak perubahan harga suatu barang dari hari ke hari. Bisa jadi ketika kamu terburu - buru membeli barang tersebut hari ini juga, ternyata keesokan harinya ada potongan harga. Uhh itu rasanya sakit banget.

Berarti tiap hari harus ke Giant dong?

Yaa nggak harus ke Giant kok. Lihat katalog online juga bisa. Nah, kalau udah mantep nih dikasi potognan harga, langsung deh Beli! Setelah membeli itu, dompet kamu akan bilang, Irit, kan?

4. Manfaatkan Tester dengan Bijak
Beberapa produk biasanya memberikan tester untuk produknya. Saranku, cobain aja testernya dengan stay cool. Kalau nggak cocok, ya nggak usah beli. Jangan sampe kalian beli karena sungkan udah nyobain tester. Ingat, jadilan konsumen yang bijak

5. Berani Bilang "Tidak"
 Ini adalah momen - momen krusial ketika berada di bagian kasir. Setelah kita membayar semua barang yang ditotal, si petugas kasir tiba - tiba bertanya, "Uang 3 ratus rupiahnya boleh didonasikan?"

Dan biasanya kita iya - iya aja karena mikir itu duit kecil.

Well, sebenarnya nggak apa, lho, bilang "tidak". Aku pribadi pernah nyoba haha. Karena aslinya si petugas kasir punya kembalian. Cuma mungkin dia kebiasaan aja nanya kayak gitu. Dan disini bukannya aku ngga mau mendonasikan 3 ratus rupiah itu. Tapi, ini sedikit pembelajaran buat menghargai uang, kalau ngumpulin 300 rupiah sedikit demi sedikit juga bisa jadi sepuluh ribu, terus nambah - nambah lagi bisa sampe seratus ribu.

Kalau untuk alasan beramal, kurasa akan jauh lebih baik kalau kita tahu secara spesifik siapa yang kita bantu, apalagi dengan bertemu secara langsung. Utamanya membantu orang - orang terdekat di sekitar daerah kita sendiri dulu yang lebih membutuhkan. Selain meningkatkan rasa empati kita juga, bisa membuat kita lebih merasakan makna membantu sesama yang sesungguhnya, ya, ngga?

Waduh jadi melebar gini bahasannya haha.

Yap, itulah 5 tips belanja bulanan untuk menjaga perputaran uang kita tetap stabil. Happy shopping! Semoga bermanfaat!